Dr Edi Ribut Harwanto Terima Gelar Kehormatan Kanjeng Pangeran

[aioseo_breadcrumbs]
kehormatan-768x768

SOLO (Jatengdaily.com)  – Brigadir Jenderal Inf (Purn) Kanjeng Gusti Panembahan Agung Sinuhun Tedjo Wulan, Maha Menteri Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kehormatan Kanjeng Pangeran kepada Dr Edi Ribu Herwanto, SH MH, seorang Pengacara dan dosen Fakultas Hukum UM Metro, Selasa (18/1/2021).

Gelar kehormatan disematkan langsung oleh Maha Menteri Brigjen Inf (Purn) Tedjo Wulan di sekretariat Gedung Sasono Purnomo Maha Menteri Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo kepada Asisten Profesor Dr Edi Ribut Harwanto SH MH.

Sebelum dilakukan penyematan gelar pangkat Kanjeng Pangeran (KP) kepada Dr Edi Ribut Harwanto, SH MH, sejak sore di gedung Sekretariat Sasono Purnomo Maha Menteri Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat melakukan ritual membaca sholawat nabi dan do’a-do’a dengan diiringi musik tradisional khas keraton dengan diikuti ratusan abdi dalem keraton hingga larut malam.

Setelah melakukan ritual, dan dibimbing oleh para abdi dalem para pangeran kepada Dr Edi Ribut Harwanto SH MH, maka diberikan wejangan tentang tangung jawab seorang Kanjeng Pangeran di keraton. Pangkat yang sudah diamanahkan harus dijaga, menjadi panutan rakyat, jujur, bermartabat dan bisa menjaga dan memelihara budaya dan keraton adat serta selalu taat dan patuh dengan titah raja dan maha manteri kapan saja dibutuhkan.

Selain mengangkat dan memberi gelar kehormatan kepada Kanjeng Pangeran Dr Edi Ribut Harwanto SH MH, sinuhun juga menyematkan gelar kehormatan kepada Kanjeng Mas Ayu Adipati Rah Mustika Ningrat (KMAY Adp),Kepada Arie Rahmadhani Nonci. Dan kepada Erfi Dina dengan gelar kehormatan Kanjeng Mas Ayu Tumengung (KMAY Tmg)

Ada tiga yang disematkan gelar kehormatan dari keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat satu Kanjeng Pangeran (KP) dan dua KMAY Adp dan KMAY Tmg oleh maha Menteri.

Kepada Kanjeng Pangeran Dr Edi Ribut Harwanto SHMH dan KMAY Adp Arie Rahamdani Nonci dan KMA Tmg agar dapat mengemban tugas keraton dengan baik menjaga nama baik dan membantu merawat budaya dan tradisi keraton dengan baik.

“Saya titipkan amanah ini kepada abdi dalem yang sdah saya sematkan pangkat dan kedudukan, dan tangal 27 February 2022 agar hadir kembali ke Skretariat Maha Menteri gedung Sasono Purnomo Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk dilakukan pengesahan dan menerima surat keputusan raja atas gelar kehormatannya,” kata Sinuhun Brigjen Inf Purn Tedjo Wulan.

 
Sumber: https://jatengdaily.com/2022/dr-edi-ribut-harwanto-terima-gelar-kehormatan-kanjeng-pangeran/